Tingkatkan Awareness Tren Industri Otomotif, BASE ON TALK BINUS ASO Undang Davy Jeffry Tuilan

Tren di dunia otomotif senantiasa berkembang. Maka dari itu, BINUS ASO School of Engineering (BASE) mengadakan talk show BASE ON TALK with Renault pada hari Sabtu, 27 Mei 2023. 

Juni 1, 2023 - 20:50
Tingkatkan Awareness Tren Industri Otomotif, BASE ON TALK BINUS ASO Undang Davy Jeffry Tuilan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tren di dunia otomotif senantiasa berkembang. Maka dari itu, BINUS ASO School of Engineering (BASE) mengadakan talk show BASE ON TALK with Renault pada hari Sabtu, 27 Mei 2023. 

Untuk acara kali ini, BASE ON TALK menghadirkan Davy Jeffry Tuilan selaku COO dari Maxindo Renault Indonesia (MRI) dan CEO dari Blimobil Digital Platform. 

Sesuai dengan latar belakang beliau, intisari yang diangkat berkaitan dengan tren industri otomotif dan bagaimana para mahasiswa dapat beradaptasi.

Tren Dunia Otomotif Indonesia dan Popularitasnya di Kalangan Generasi Muda

Tren di industri otomotif sangat berkaitan erat dengan perkembangan era digital 4.0 yang mengintegrasikan digitalisasi dan kegiatan sehari-hari. Misalnya, kini tidak sedikit merek otomotif yang menghadirkan konektivitas fitur mobil dengan aplikasi smartphone pengguna. 

Umumnya, teknologi ini berfungsi untuk mengecek kondisi mesin mobil, membuka dan mengunci pintu mobil dari jarak jauh, serta menghubungi layanan servis darurat resmi di mana saja.

Namun, integrasi antara kendaraan dengan gadget bukanlah satu-satunya sorotan utama tren otomotif saat ini. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang dampak bahan bakar fosil pada perubahan iklim, kendaraan listrik murni dan hibrida turut bertambah populer. 

Popularitasnya pun semakin didukung oleh wacana insentif pajak dan subsidi biaya dari pemerintah agar masyarakat makin yakin untuk beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan.

Di sisi lain, tren kendaraan listrik dan konektivitas smartphone juga menjadi isu hangat di kalangan generasi muda, sebab tak sedikit dari mereka yang menggunakan gadget dalam keseharian dan ingin menjaga kelestarian lingkungan. 

Selain itu, mereka menginginkan kustomisasi tampilan kendaraan, model kendaraan yang fashionable, irit bahan bakar, dan nyaman.

Bagaimana Renault Mengambil Peluang dari Tren Otomotif

Permintaan masyarakat atas fungsionalitas online dalam berbagai aplikasi juga merambah ke kegiatan jual beli, termasuk untuk mobil. Untuk memanfaatkan peluang tersebut dan menjangkau lebih banyak pelanggan, MRI di bawah kepemimpinan Davy Jeffry Tuilan mengutamakan strategi digital marketing. Apakah yang mendasari keputusan ini?

Sebelum Davy menjadi COO dari MRI, dia pernah menjabat sebagai Agen Pemegang Merek (APM) untuk berbagai brand otomotif terkenal di tanah air, di antaranya Suzuki, Ford, dan Nissan. 

Akan tetapi, ketika pandemi Covid-19 membatasi semua aktivitas tatap muka, termasuk transaksi di showroom, beliau menyadari pentingnya pemasaran secara digital.

“Sekarang, kita harus bisa bertahan dan beradaptasi dengan model bisnis digital. Perubahan itu pasti akan terjadi, jadi cepat atau lambat, semua akan beralih ke digital, apalagi setelah adanya pandemi," ucap Davy.

Sesuai dengan tujuan tersebut, Pak Davy terus menggaungkan identitas dan keunggulan dari Renault untuk meningkatkan brand awareness konsumen Indonesia. Salah satu cara yang digunakan adalah memperkenalkan fitur kendaraan yang paling cocok dengan kebutuhan pangsa pasar tanah air. 

Selain itu, Renault juga menekankan bahwa mereka siap menghadapi transisi ke kendaraan listrik, terutama dengan pencapaiannya sebagai salah satu penjual mobil listrik terbanyak di Eropa.

Pentingnya Kecakapan SDM untuk Industri Otomotif dan Kaitannya dengan BINUS ASO

Otomotif adalah sektor bisnis yang sangat dinamis dan tak terpisahkan dari tren masyarakat. Sehingga, untuk menjawab permintaan pangsa pasar dan agar tidak kalah saing, setiap pelaku industri otomotif harus meningkatkan kemampuan mereka dan awareness terhadap tren terkini. 

Dengan kata lain, kecakapan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci terpenting dari relevansi jangka panjang.

Memahami kebutuhan akan SDM bidang otomotif yang kompeten dan melek tren, BINUS ASO School of Engineering hadir untuk mendidik para calon engineer di Indonesia. 

BINUS ASO School of Engineering bekerja sama dengan ASO College Group dari Jepang untuk menciptakan kurikulum berkualitas yang memadukan teori komprehensif dan praktik nyata agar mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mereka.

Tak hanya dari kurikulumnya, BINUS ASO School of Engineering juga mendukung perkembangan para mahasiswanya di luar kelas melalui berbagai cara. 

Beberapa di antaranya adalah mengadakan talkshow BASE ON TALK yang menghadirkan key figures sektor otomotif  untuk insight tren terbaru, kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, serta layanan akademik untuk membantu mereka.

Talk show BASE ON TALK bertajuk BINUS ASO x Renault diadakan pada 27 Mei 2023. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan awareness calon engineer muda terhadap perkembangan tren industri otomotif yang lekat dengan digitalisasi serta pelestarian lingkungan. 

Selaras dengan topik yang akan diangkat, BINUS ASO School of Engineering mengundang Davy Jeffry Tuilan yang menjabat sebagai COO dari MRI dan CEO dari Blimobil, dua perusahaan yang telah berkecimpung dalam pemasaran otomotif secara online. (*)

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow