Prodi S3 PEP Program Pascasarjana UNJ Bersama HEPI Gelar Konferensi Internasional ICERE Ke-3 Tahun 2023
Perubahan pendidikan 4.0 menjadi 5.0 merupakan tantangan yang harus disikapi dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan teknologi baru yang lebih manusiawi
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perubahan pendidikan 4.0 menjadi 5.0 merupakan tantangan yang harus disikapi dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan teknologi baru yang lebih manusiawi dan berfokus pada perkembangan sosial serta emosional peserta didik sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dalam bermasyarakat.
Keterampilan abad 21, critical thinking, collaborative thinking, communication thinking, dan creative thinking memiliki peranan penting dalam Pendidikan 5.0.
Di samping itu, perubahan masa pandemi menjadi pasca pandemi serta kebijakan kurikulum merdeka belajar dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan tantangan yang harus diatasi dengan peningkatan mutu pendidikan, salah satunya adalah kompetensi pendidik. Salah satu peningkatan kompetensi pendidik adalah evaluasi pembelajaran.
Pendidik harus secara terus menerus meningkatkan kompetensi terkait evaluasi pembelajaran dengan menerapkan perkembangan teknologi sehingga mampu meningkatkan hasil pembelajaran yang mendukung penguasaan critical thinking, collaborative thinking, communication thinking, dan creative thinking.
Merespon perkembangan pendidikan di era MBKM dan pendidikan 5.0, Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (Prodi S3 PEP Program Pascasarjana UNJ) bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) yang merupakan salah satu organisasi yang mewadahi kebutuhan dari para pendidik dan profesional dalam bidang evaluasi dan pengukuran pendidikan menyelenggarakan konferensi Internasional The 3rd International Conference on Educational Research and Evaluation atau ICERE ke-3 dengan mengangkat tema “Enhancing Students’ Achievement Through the Assessment of Learning Progression”.
Kegiatan yang dilaksanakan di UTC UNJ by Naraya Hotel pada 18 – 19 November 2023 ini juga bertepatan dengan kongres HEPI sebagai ajang temu ilmiah seluruh anggota HEPI seluruh Indonesia.
Kegiatan ICERE ke-3 ini turut menghadirkan pembicara utama terkemuka di bidang penilaian, evaluasi, dan penelitian pendidikan, yakni: Anindito Aditomo, Ph.D selaku Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP); Jarrod Hingston, Ph.D selaku Australian Council for Educational Research (ACER); Bahrul Hayat, Ph.D, selaku Ketua Umum HEPI; Prof. Madya Dr. Adibah binti Abdul Latif dari University Technologi Malaysia (UTM); Prof. Wang Yonghui, Ph.D dari Central China National University (CCNU); Dr. Achmad Ridwan, M.Pd selaku Dosen Program Studi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ; Bambang Sumintono, Ph.D selaku Ketua Program Studi Doktor Pendidikan Universitas Internasional Islam Indonesia (UIII); Dr. Suprananto M.Ed. selaku Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang; Dr. Iip Ichsanuddin, MA. dari Pengembangan Kurikulum, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP.
Kegiatan ilmiah ini dihadiri oleh para pengambil kebijakan, para akademisi, praktisi pendidikan, peneliti, pendidik, mahasiswa serta stake holder pendidikan untuk menghadiri konferensi Internasional dan Kongres HEPI ini baik sebagai peserta maupun pemakalah. Sebanyak 350 orang peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini, baik sebagai pemakalah maupun sebagai peserta konferensi dan workshop.
Makalah yang dipresentasikan merupakan salah satu dari sub tema, antara lain: (a) Asessmen dalam Pembelajaran; (b) Penilaian Kurikulum Merdeka Belajar pada seluruh tingkat satuan Pendidikan; (c) Penilaian Otentik; (d) Umpan balik dan Motivasi Belajar; (e) Evaluasi Pendidikan; (f) Pengembangan Instrumen; (g) Evaluasi Program; (h) Penelitian dan Asesmen dalam Pendidikan; (i) Assessment for/of/as Learning; (j) Asesmen dan Kemajuan Teknologi; (k) Asesmen dalam Penelitian Tindakan; (l) Penilaian Kelas; (m) Penilaian Non-kognitif dalam Pendidikan; (n) Asesmen Informal; (o) Pengukuran dalam Pendidikan; (p) Asesmen Online; (q) Asesmen Anak Usia Dini; dan (r) Lingkungan Belajar.
Prof. Awaluddin Tjalla selaku Ketua Panitia ICERE ke-3 yang juga Ketua HEPI UKD Jabodetabek dan Koordinator Program Studi S3 PEP Program Pascasarjana UNJ mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan para cendekiawan, pendidik, praktisi pendidikan, peneliti, para mahasiswa, dan pihak lain dapat melakukan diskusi dan memberikan kontribusi yang bermanfaat guna mengatasi tantangan Pendidikan 5.0 pada masa pasca pandemi serta melakukan telaah kebijakan kurikulum merdeka belajar dan MBKM, ungkap Prof. Awaluddin Tjalla.
Prof. Awaluddin Tjalla menambahkan bahwa pada kegiatan ini juga artikel peserta yang terpilih dalam ICERE ke-3 ini akan diterbitkan di Jurnal Pengukuran dan Psikologi Pendidikan Indonesia (JP3I) yang terindeks Scopus; Journal of Educational Research and Evaluation (JERE) yang terindeks Sinta 2; Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (JPEP) yang terindeks Sinta 2; Research and Evaluation in Education (REiD) yang terindeks Sinta 2; Journal of Research and Educational Research Evaluation yang terindeks Sinta 3; Journal of Indonesian Stundent Assessment and Evaluation (JISAE) yang terindeks Sinta 4; Jurnal Evaluasi Pendidikan (JEP) yang terindeks Sinta 4; Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran (JEP) yang terindeks Sinta 5; dan Prosiding Internasional. Luaran yang diharapkan dari konferensi ilmiah ICERE ke-3 tahun 2023 ini mencakup: 1) Diseminasi hasil penelitian dari berbagai negara di bidang pengukuran, evaluasi, penelitian pendidikan, dan lingkungan belajar. 2) Publikasi ilmiah pada jurnal Nasional dan prosiding Internasional, tambah Prof. Awaluddin Tjalla. (*)
Apa Reaksi Anda?