UMKM Jombang Go Digital, Strategi Pemasaran di Era Kecanggihan Teknologi
Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada pelaku UMKM tentang strategi pemasaran digital yang efektif ... ...
TIMESINDONESIA, JOMBANG – Dalam upaya meningkatkan penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pemasaran digital, Karangtaruna Desa Rejoagung Jombang berkolaborasi dengan TIMES Indonesia menggelar pelatihan Digital Marketing bagi para pelaku UMKM.
Pelatihan yang digelar di Balai Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Minggu (17/12/2023) tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada pelaku UMKM tentang strategi pemasaran digital yang efektif dan dapat diterapkan dalam pengembangan bisnis mereka.
M. Sholichin Ketua Karangtaruna Rejoagung menyatakan sangat antusias dengan kerja sama dan kolaborasi yang dilakukan dengan TIMES Indonesia biro Jombang. Sebab, memberikan kesempatan kepada UMKM di Desa Rejoagung untuk memahami pentingnya pemasaran digital dalam memperluas jangkauan pasar.
“Terimakasih TIMES Indonesia, telah membantu warga Rejoagung dalam mengembangkan penjualan UMKM. Kegiatan yang sangat bermanfaat dan edukatif,” katanya saat memberikan sambutan.
Pria lulusan Undar Jombang ini harapannya terhadap pelatihan ini, dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pelaku UMKM di desa, sehingga mereka dapat meningkatkan penjualan produk melalui pemasaran digital.
“Tidak bisa dipungkiri perkembangan dunia digital sangat mempengaruhi pola fikir masyarakat dalam hal berbelanja. Mau tidak mau UMKM juga harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak tergerus oleh waktu,” ucapnya.
Peserta pelatihan yang berjumlah kurang lebi 50 orang pelaku UMKM itu dibekali dengan pengetahuan tentang dasar-dasar pemasaran digital, penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, teknik SEO (Search Engine Optimization), serta strategi pemasaran online lainnya yang relevan dengan perkembangan terbaru dalam dunia digital.
Rohmadi,. M.Pd General Manager TIMES Indonesia Kabupaten Jombang menerangkan pentingnya digital marketing sebagai sarana mengembangkan UMKM di era society 5.0.
Menurutnya praktik pemasaran yang menggunakan berbagai saluran digital seperti internet, media sosial, perangkat mobile, mesin pencari, dan platform online lainnya untuk mempromosikan produk atau layanan, serta berinteraksi dengan target pasar.
“Praktik ini melibatkan penggunaan beragam teknik dan strategi, seperti konten digital, iklan online, email marketing, optimisasi mesin pencari (SEO), media sosial, dan analisis data untuk mencapai tujuan pemasaran terutama para pelaku UMKM,” terangnya.
Menurutnya, tujuan dari digital marketing antara lain adalah memperluas jangkauan pasar, meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, membangun interaksi dengan konsumen, dan mengukur kinerja kampanye pemasaran secara lebih efektif.
“Dengan berbagai saluran digital yang tersedia, digital marketing memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk terhubung dengan audiens mereka secara langsung dan lebih personal, memungkinkan penyesuaian dan optimisasi yang lebih baik dalam strategi pemasaran,” papar pria lulusan Magister Unipdu Jombang tersebut.
Pihaknya berharap dengan kerja sama ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan UMKM di Desa Rejoagung Jombang, sekaligus meningkatkan pemahaman tentang pemasaran digital sebagai alat yang efektif dalam memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produk-produk lokal.
"Kami optimis pelatihan ini akan memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka melalui media digital, sehingga dapat membantu peningkatan ekonomi di tingkat lokal," ungkapnya.
Apa Reaksi Anda?