RSUD Asih Husada Siap Maksimalkan Pelayanan Melalui 5S
RSUD Asih Husada Kecamatan Langensari Kota Banjar bertekad untuk terus meningkatkan dan mewujudkan pelayanan maksimal bagi masyarakat. ... ...
TIMESINDONESIA, BANJAR – RSUD Asih Husada Kecamatan Langensari Kota Banjar bertekad untuk terus meningkatkan dan mewujudkan pelayanan maksimal bagi masyarakat.
Melalui kegiatan forum konsultasi publik terkait standar pelayanan yang digelar di Aula RSUD Asih Husada hari ini, dr Wiwik Nursanti selaku Direktur RSUD Asih Husada menyampaikan hal tersebut, Selasa (30/5/2023).
"Saat ini kami ingin mengedepankan keselamatan dan pelayanan terhadap pasien dalam upaya meningkatkan pelayanan maksimal bagi masyarakat," jabarnya saat memberikan keterangan secara resmi usai kegiatan.
RSUD Asih Husada saat ini melayani pelayanan rawat jalan, gawat darurat, rawat inap yang terdiri dari inap dalam, inap anak dan inap isolasi.
"Selain itu juga tersedia pelayanan intensive care atau HCU, pelayanan penunjang yang terdiri dari instalasi radiologi, laboratorium, gizi, farmasi, rekam medik dan pemulasaraan jenazah," bebernya.
Keenam standar pelayanan pengaduan, lanjut Wiwik, pihaknya membuka layanan kritikan dan saran terhadap pelayanan kesehatan pasien.
"Agar pelayanan lebih maksimal, kami juga mengedepankan 5 S yakni senyum, salam, sapa, sopan dan santun dimana ini harus betul-betul diterapkan. Mulai dari petugas keamanan (satpam) hingga perawat, dokter dan pegawai harus menerapkan konsep 5 S dalam melayani pasien yang datang ke RSUD Asih Husada," paparnya.
Ia menegaskan bahwa pihaknya tidak memilah-milah dalam melayani pasien, baik pasien umum maupun BPJS Kesehatan, semuanya harus siap melayani sepenuh Asih atau akuntabel, santun, integritas, humanis.
"Selama ini, tercatat mayoritas pasien yang datang ke RSUD Asih Husada ini merupakan warga Kecamatan Langensari dan sebagian lagi dari luar Kota Banjar seperti Lakbok dan Cilacap mengingat lokasi Asih Husada berbatasan langsung dengan Jateng dan Kabupaten Ciamis," ungkapnya.
Terkait kendala fasilitas penunjang lainnya yang belum dilengkapi seperti ruang bedah, Wiwik mengakui sedang dalam proses pembangunan dan pemenuhan SDM.
"Disini juga kami menerapkan sistem janji layanan untuk mengontrol seluruh pelayanan RSUD Asih Husada ke pasien baik itu mengenai ketersedian obat, layanan antrian online dan yang lainnya. Terus terang, ini juga tak lepas dari pembaharuan dan dorongan yang selalu diberikan BPJS Kesehatan," tambahnya. (*)
Apa Reaksi Anda?