Pemda DIY Borong 4 Piala Anugerah Media Humas 2023
Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Pemda DIY dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. ... ...
TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Pemda DIY dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Terbaru, Humas Pemda DIY sukses mendapatkan empat penghargaan sekaligus pada AHM 2023. Prestasi ini didapatkan secara berturut-turut sejak tahun 2019.
Dalam gelaran yang ke-16 ini, ada 6 kategori yang dilombakan AMH 2023. AMH tahun 2023 ini, Pemda DIY berhasil memborong 4 piala. Salah satunya yaitu terbaik ke-1 kategori media sosial (medsos) yang dapat mengungguli provinsi lainnya di Indonesia.
Selain kategori media sosial, Pemda DIY juga meraih penghargaan sebagai terbaik ke-2 kategori kampanye komunikasi publik, terbaik ke-2 kategori penerbitan media internal (Inhouse Magazine), dan terbaik ke-3 kategori audio visual.
Secara langsung, penghargaan diterima oleh Kepala Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah DIY, Imam Pratanadi pada malam Anugerah Media Humas 2023 di Hotel The Westin, Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/10/2023).
AMH 2023 mengusung tema Humas Bersinergi untuk Kemajuan Negeri. Dalam perlombaan ini, peserta penerima AMH 2023 terbagi menjadi 3 kelompok. Pertama, kelompok kementerian/lembaga BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi Negeri. Kedua, pemerintah daerah provinsi dan kelompok. Ketiga, pemerintah daerah kabupaten/kota.
Sementara pada media sosial, siaran pers (media online), website, kampanye komunikasi publik, majalah internal (Inhouse Magazine), dan media audio visual menjadi 6 kategori yang terdapat dalam AMH 2023 ini. Selain itu, terdapat pula dua penghargaan khusus yakni juara umum dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP) terbaik 2023.
“Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi terhadap keberhasilan komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat kementerian dan lembaga, pemerintah daerah serta BUMN dan perguruan tinggi dalam menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia,” tutur Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong.
Usman menambahkan, kegiatan bertaraf internasional ini tentunya bisa menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah sesungguhnya menjadi peluang bagi humas untuk menunjukkan eksistensinya dan peran pentingnya dalam membangun citra Indonesia. Tidak hanya menjadi peluang untuk mencuri perhatian warga dunia, melainkan di waktu yang bersamaan kegiatan bertaraf Internasional juga menjadi kesempatan bagi humas agar bisa memupuk tingkat kepercayaan masyarakat di negeri sendiri.
“Sudah seharusnya reputasi baik Indonesia menjadi goals atau misi kerja-kerja humas pemerintahan. Dimana Nation Branding menjadi tujuan akhir kerja humas di kegiatan-kegiatan Internasional,” imbuh Usman.
Karena itu, Usman mengajak insan humas meninggalkan ekslusifitas peran dan menanggalkan ego sektoral.
“Demi kemajuan negeri, mari perkuat sinergitas antar instasi Pemerintah agar satu padu bersuara di ruang publik. Indonesia akan dikenal sebagai negara yang bersahabat, bermartabat dan memiliki banyak potensi untuk mendatang investasi dan kerja sama,” terang Usman.
Usman menerangkan, kehadiran AMH dapat menjadi peluang bagi humas pemerintah untuk bercermin dan mengukur diri. Momentum untuk menilai, bagaimana kemampuan dan kualitas kerja yang telah dihasilkan dalam kurung waktu 1 tahun.
“Harapannya pemerataan peningkatan kualitas kehumasan dapat terwujud. Sehingga karya emas kehumasan bisa dihasilkan oleh sebanyak-banyaknya instansi pemerintah seluruh Indonesia. Karena sesungguhnya, citra baik pemerintah dan negara berada di tangan humas pemerintah,” papar Usman.
Kepala Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda DIY, Imam Pratanadi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Yogyakarta. Dengan menggunakan akun media sosial, Humas Pemda DIY kini menjadi acuan informasi dari pemerintah.
Hal ini bisa ditengarai dari konten-konten yang disajikan di media sosial khususnya instagram @humasjogja. Berbagai data insight menunjukkan tren positif. Dimana selama periode Januari-September 2023 impression lebih dari 31juta, sedangkan dalam kurun waktu 90 hari terakhir (Juli-September 2023) engagement rate lebih dari 530ribu, atau mengalami peningkatan 47% dibanding periode sebelumnya.
“Kami mempersembahkan penghargaan ini kepada sedulur (sebutan untuk netizen/follower akun medsos humas jogja) Yogyakarta yang istimewa,” kata Imam, Selasa (31/10/2023). (*)
Apa Reaksi Anda?