Mengenal Aplikasi Reservasi Dari majoo dan Tips Memilihnya
Tentu kamu pernah mendengar kata reservasi ketika ingin memesan hotel atau ke barbershop. Kemajuan teknologi telah membantu manusia dalam hal reservasi sehingga mereka tidak perlu repot lagi untuk memesan…
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tentu kamu pernah mendengar kata reservasi ketika ingin memesan hotel atau ke barbershop. Kemajuan teknologi telah membantu manusia dalam hal reservasi sehingga mereka tidak perlu repot lagi untuk memesan tempat.
Sekarang ini aplikasi reservasi salon juga telah banyak digunakan oleh pelaku usaha. Apalagi jika kamu harus pergi ke salon atau barbershop terkenal, tentu kamu tidak ingin menunggu lama hanya untuk memangkas rambut bukan.
Dengan menggunakan aplikasi reservasi yang dikeluarkan oleh aplikasi kasir majoo, maka usaha salon atau barbershop kamu telah memberikan pelayanan kepada pelanggan. Mereka bisa memesan tempat sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Namun sebelum membahas bagaimana cara memilih aplikasi reservasi yang cocok untuk usaha salon atau barbershop milik kamu, maka alangkah baiknya kamu mengetahui pengertian dari reservasi dan jenisnya.
Pengertian Reservasi
Reservasi adalah pemesanan kamar atau fasilitas lain yang dilakukan oleh calon pelanggan sebelum mereka tiba untuk melakukan layanan jasa disuatu tempat. Sebutan lain dari reservasi adalah booking yang berarti memesan sebelum calon pelanggan datang.
Begitu juga dengan aplikasi reservasi, merupakan perangkat lunak yang berguna untuk memesan sebuah layanan jasa sebelum calon pelanggan datang.
Keuntungan Aplikasi Reservasi
1. Untuk produsen
Keuntungan dari aplikasi reservasi bagi produsen kamu bisa mengevaluasi untuk menentukan harga yang akan mereka jual berdasarkan tingkat tinggi dan rendah pesanan yang masuk sebelum barang atrau jasa tersebut dijual.
Sedangkan hasil dari evaluasi yang masuk dalam aplikasi reservasi akan membantu produsen untuk memutuskan seberapa besar harga yang harus dijual ke masyarakat berdasarkan grafik permintaan.
2. Untuk konsumen
Keuntungan reservasi bagi konsumen adalah konsumen dapat melakukan pemesanan sebelum membeli suatu produk hingga waktu tertentu (waktu terbatas). Sampai dengan waktu yang ditentukan, produk yang dipesan tidak dapat dijual kepada pihak ketiga, baik secara tertulis maupun tidak, sepanjang waktu tersebut tidak diotorisasi oleh pelanggan yang melakukan pemesanan.
Hal ini akan sangat menguntungkan konsumen, karena sampai dengan waktu tertentu konsumen dapat membandingkan produk lain. Demikian pula apabila terjadi sesuatu atau lain hal yang menyebabkan pembeli membatalkan pembelian produk tersebut, maka pembeli yang bersangkutan tidak berkewajiban untuk membeli produk tersebut.
Tips Memilih Aplikasi Reservasi
Bagi pelaku usaha tentu akan bingung menentukan aplikasi reservasi mana yang cocok untuk usaha yang dijalaninya. Hal ini karena banyaknya developer yang membangun perangkat lunak untuk melakukan booking.
Nah agar kamu tidak bingung memilih aplikasi reservasi untuk usaha salon atau barbershop maka kamu bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini, sebelum kamu memutuskan berlangganan aplikasi reservasi untuk bisnis kamu.
Berikut 5 cara memilih software booking terbaik untuk bisnis kamu, diantaranya adalah:
1. Biaya
Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk memilih aplikasi reservasi adalah berapa biaya yang kamu keluarkan untuk aplikasi tersebut. Meskipun ada banyak pilihan perangkat lunak gratis, sebagian besar versi gratis tidak lengkap sehingga akan berbayar untuk mendapatkan versi lengkap.
· Beberapa batasan yang akan kamu temui ketika menggunakan aplikasi versi gratis, diantaranya:
· Batasi jumlah pemesanan dalam periode tertentu
· Beberapa fitur berguna dinonaktifkan
· Pembatasan masuk
Oleh karena itu, kamu dapat menemukan solusi aplikasi reservasi gratis yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Hal penting yang harus diingat di sini adalah meskipun sebagian besar software booking terbaik berbayar, kamu juga akan mendapatkan manfaat yang besar.
Apakah kamu akhirnya menghemat waktu atau bahkan berhasil menghilangkan semua pekerjaan karyawan melalui pemesanan otomatis, biayanya akan sebanding dengan hasil yang dicapai. Aplikasi reservasi online seperti majoo akan memberikan manfaat lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.
2. Mudah digunakan
Bahan pertimbangan selanjutnya dalam memilih aplikasi reservasi online adalah terkait dengan cara menggunakannnya. Konsumen tidak akan senang jika untuk menggunakan aplikasi saja mereka harus berpikir keras.
Sebagai tujuan adanya aplikasi adalah untuk membantu atau mempermudah konsumen. Sehingga sangat penting aplikasi yang kamu beli sangat mudah dalam menggunakannya.
Ada dua (2) aspek penting untuk dipertimbangkan ketika mengevaluasi kegunaan:
A. Front-end (sisi pelanggan)
Aplikasi reservasi terbaik memiliki fitur sederhana dan ringkas yang harus dipahami pelanggan. Hanya perlu beberapa langkah dari mengklik tombol "pesan" hingga waktu reservasi ditentukan. Ini sangat penting ketika kamu ingin bekerja dengan klien milenial seperti sekarang ini yang sangat membutuhkan kemudahan dalam berbagai hal.
B. Back-end (karyawan)
Jika tadi menurut konsumen maka bagian back end atau yang biasa digunakan oleh karyawan aplikasi reservasi juga harus mudah digunakan. Tentunya kamu tidak ingin staf sibuk mempelajari sistem reservasi dan mencoba memahami cara kerjanya.
Aplikasi reservasi yang mudah digunakan dan mudah dipahami akan sangat bermanfaat bagi karyawan kamu dan memungkinkan mereka beralih dari yang lama ke yang baru dengan mudah.
3. Manajemen kalender
Aplikasi reservasi online rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran kalender kerja. Sederhananya, kalender harus menyediakan apa yang kamu butuhkan.
Misalnya, menjadwalkan beberapa layanan berbeda atau menetapkan waktu tertentu ketika pelanggan tidak dapat memesan, aplikasi reservasi yang baik harus bekerja dengan baik untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu.
4. Ulasan dan laporan
Aplikasi reservasi yang baik melakukan lebih dari sekadar membuat janji temu. Secara umum, jika kamu akan membayar untuk perangkat lunak, nilai yang akan kamu dapatkan dari perangkat lunak tersebut seharusnya besar.
Aplikasi reservasi online seperti majoo tentu akan memberikan banyak fitur yang lengkap untuk digunakan dalam bisnis kamu. Sejumlah fitur analitik dan pelaporan utama termasuk:
· Ulasan pelanggan
· History
· Layanan respons pelanggan
· kinerja karyawan
· Data dan angka dalam pertemuan harian, bulanan atau tahunan
· Informasi cabang (untuk usaha kecil dengan lebih dari satu lokasi)
Meskipun fitur ini mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran saat merancang aplikasi pemesanan yang sempurna, fitur ini akan segera menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis kecil. Apakah kamu menggunakan data untuk tujuan pemasaran atau hanya untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan, alat analitik dan pelaporan ini akan membantu kamu dengan baik.
5. Dukungan teknis
Kemudahan penggunaan adalah hal utama, tetapi saat menggunakan aplikasi, ada beberapa hal yang tidak dapat kamu ketahui. Bagaimana jika kamu menghadapi masalah yang tidak dapat diselesaikan? Di sinilah dukungan teknis masuk.
Aplikasi reservasi online menyediakan dukungan teknis untuk membantu kamu memecahkan masalah umum atau menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin kamu miliki saat menggunakan aplikasi.
Ada dua cara umum untuk menyediakan dukungan aplikasi seperti panggilan melalui telepon kepada teknisi atau melalui sms selama 24 jam seminggu. Sehingga dengan adanya layanan tersebut kamu tidak perlu khawatir jika terjadi eror dari sistem aplikasi reservasi yang kamu pilih.
Apa Reaksi Anda?