Masyarakat Sangat Antusias dengan Layanan BPJS Jemput Bola
Layanan Mobile Customer Service (MCS) dari BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah banyak dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya oleh masyarakat…
TIMESINDONESIA, JEMBER – Layanan Mobile Customer Service (MCS) dari BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah banyak dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya oleh masyarakat Kabupaten Jember. Layanan yang diperuntukkan untuk mendapatkan kemudahan pelayanan tentang Program JKN ini biasa disebut "BPJS Jemput Bola" oleh masyarakat.
Merasakan sendiri manfaatnya, salah seorang peserta JKN yang telah mencoba kemudahan adanya MCS dari BPJS Kesehatan yaitu Edik Purnomo. Ia mengatakan, adanya layanan MCS ini dapat menghemat waktu tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.
“Saat berkunjung ke MCS ini, selain dilayani keperluan kita juga di ajarkan penggunaan aplikasi Mobile JKN ini. Saya merasa mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat untuk kemudahan kedepannya hanya melalui aplikasi di smartphone. Untuk layanan MCS, petugasnya sangat cepat dan tanggap. Petugasnya juga sama ramahnya dengan di kantor cabang," cerita pria 36 tahun tersebut.
Edik mengatakan, bahwa ia beberapa kali melihat layanan MCS BPJS Kesehatan di beberapa lokasi di Jember. Tapi saat itu, ia merasa belum ada kebutuhan untuk meminta informasi terkait Program JKN. Bak gayung bersambut, saat ia akan melakukan perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), ia melihat adanya MCS BPJS Kesehatan sehingga Edik memutuskan untuk menghampirinya.
“Hari ini saya ada keperluan untuk merubah FKTP dan alhamdulillah ada MCS ini. Tadi saya juga sudah diajarin bagaimana cara menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk merubah FKTP saya. Ternyata untuk menggantinya saya bisa langsung mengakses di hp sja. Apalagi sekarang untuk akses pelayanan kesehatan cukup menunjukkan KTP saja. Tidak ribet dan sungguh inovasi yang sangat bagus dari BPJS Kesehatan,” katanya dengan ceria.
Selain pelayanan administrasi, melalu MCS ini masyarakat juga bisa mendapatkan informasi terkini seputar Program JKN dan menyampaikan keluhan yang nantinya akan diteruskan ke Petugas Penanganan Pengaduan (P3) BPJS Kesehatan untuk segera ditindaklanjuti.
“Setelah saya tadi melakukan perubahan FKTP, oleh petugas saya diberitahu bahwa apabila ada keluhan yang dialami bisa menyampaikan melalui aplikasi Mobile JKN ataupun Care Center 165, tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Saya sangat mengapresiasinya, bahwa BPJS Kesehatan terbuka dalam menindaklanjuti keluhan yang ada di lapangan,” ungkap Edik.
BPJS Kesehatan Cabang Jember rutin membuka layanan tersebut dan selalu disambut dengan antusias oleh masyarakat Kabupaten Jember. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Galih Anjungsari menyatakan MCS BPJS Kesehatan Cabang Jember selalu menarik antusias masyarakat untuk memanfaatkan layanannya setiap kali dibuka, tak terkecuali saat di Puskesmas Kaliwates Jember.
“MCS Cabang Jember kali ini hadir di Puskesmas Kaliwates yang terletak kurang lebih 20 menit dari Kantor Cabang terdekat, banyak warga yang menyambut kehadiran MCS ini untuk memanfaatkan kepengurusan JKN. Kurang lebih saat ini sebanyak 100 orang telah berkunjung ke layanan MCS kami. Antusias warganya sangat baik, kami berharap dengan adanya MCS ini masyarakat sekitar dapat lebih merasakan kemudahan layanan dari BPJS Kesehatan,” ungkapnya.
Galih menyampaikan bahwa layanan MCS dilakukan setiap hari Selasa dan Jumat. Termasuk juga di hari Sabtu dan Minggu untuk memenuhi undangan event baik dari Puskesmas, Rumah Sakit, Kantor Pemerintahan, ataupun pameran di lingkungan warga sekitar. Ia tidak memungkiri bahwa kegiatan MCS ini mengundang antusias masyarakat.
“Layanan ini dihadirkan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam hal pendaftaran Peserta dan keluarganya menjadi peserta JKN. Tak hanya itu saja, MCS ini juga mengakomodir kebutuhan peserta terkait perubahan data peserta, pemberian informasi dan penanganan pengaduan, serta registrasi aplikasi Mobile JKN,” kata Galih.
Selain itu, ia juga berharap dengan adanya MCS rutin ini akan membuat masyarakat mendapatkan manfaat yang baik tentang Program JKN, dimana hal ini sejalan dengan salah satu fokus utama BPJS Kesehatan yaitu fokus peningkatan mutu layanan dengan berbagai macam inovasi dan terobosan.
“Kadang masih banyak peserta yang tidak sempat ke kantor untuk mengurus keperluannya, di MCS ini sudah seperti layanan kantor cabang versi berpindah-pindah. Tak lupa kami selalu edukasi peserta untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN agar lebih mendapatkan kemudahan dalam mengurus BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (*)
Apa Reaksi Anda?