Zakaria Dimas Sosok Milenial Pencipta E-Commers Pemasaran Produk UMKM Sidoarjo
Muh Zakaria Dimas Pratama di kenal sebagai tokoh muda atau milenial Sidoarjo yang getol dalam pemberdayaan UMKM kecil
TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Muh Zakaria Dimas Pratama di kenal sebagai tokoh muda atau milenial Sidoarjo yang getol dalam pemberdayaan UMKM kecil. Sosok kreatif Mas Dimas sapaan akrab pemilik Yayasan Lintang Songo Foundation ini berhasil menciptakan platform E-commerce bagi pemasaran produk UMKM Kota Delta.
Melalui www.hahamultiindo.com, aplikasi yang bergerak di bidang bisnis pemasaran produk UMKM Sidoarjo, Muh Zakaria Dimas Pratama mengajak
Anak Muda, Milenial dan Generasi Z Kota Delta untuk menjadi pengusaha dibidang kreatif digital marketing.
Hal ini karena Kabupaten Sidoarjo sebagai salah satu Kota UMKM di Indonesia yang memiliki puluhan ribu pelaku UMKM harus didukung pemasaran produk yang modern dan kreatif.
"Pelaku UMKM utamanya produk fashion di Sidoarjo hanya sebagai pembuat produk saja, mereka sangat lemah di bidang pemasaran digital marketing atau penjualan produk mereka secara online atau melalui E-Commerce. sehingga dikapitalisasi pemain digital marketing dari luar Sidoarjo," kata Pemuda asal Desa Geluran, Sukodono, Sidoarjo ini, Rabu (7/6/2023).
Zakaria Dimas bersama Ketua PKK Sidoarjo, Ning Sasha saat melihat produk UMKM HahaMultiIndo (foto dok hahamultiindo)
Menurut Dimas, sebagai salah satu Kota UMKM di Indonesia, Produk UMKM Sidoarjo seharusnya dikelola dengan management marketing yang baik (digital marketing red), alasan itulah sehingga dirinya bersama milenial Sidoarjo yang memiliki kreatifitas dibidang desain, foto, video, kreator digital, kreatir konten membuat Platfrom Digital Marketing HahaMultiIndo.
"Hahamultiindo adalah Platfrom Digital Marketing atau Platfrom E-Commers yang memasarkan produk-produk UMKM Sidoarjo, dikelolah oleh anak-anak muda Sidoarjo yang memiliki SDM kreatif dibidangnya. Alhamdulillah saat ini ratusan pelaku UMKM Sidoarjo bergabung serta memanfaatkan HahaMultiIndo untuk memasarkan produk mereka dengan sistem bisnis to bisnis," ungkap Lulusan Universitas Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo ini.
Pengusaha Muda kelahiran 17 September 1994 ini melanjutkan jika di HahaMultiIndo dirinya ingin mengkloning anak muda/generasi milenial untuk menjadi pembisnis pemasaran digital marketing.
"Saat ini ada puluhan anak muda yang bergabung di HahaMultiIndo, mereka penjadi pembisnis digital marketing tanpa modal, platformnya kami sediakan, mereka tinggal memasarkan produk UMKM di daerahnya untuk dipasarkan memalui E-Commers www.hahamultiindo.com . Kemudian mereka (milenial red) tinggal sharing pendapatan alias bisnis to bisnis dengan pelaku UMKM," jelas Ketua UMKM dan Ekonomi Kreatif Hipmi Sidoarjo itu.
Zakaria Dimas mengistilahkan jika milenial atau pembisnis muda yang bergabung di HahaMultiIndo adalah bisnis tanpa modal.
Tangkapan layar aplikasi pemasaran produk umkm Sidoarjo di www.hahamultiindo.com
"Saya istilahkan mereka bisa dapat gaji UMR dalam sehari jika pesanan produk UMKM nya banyak, pelaku UMKM untung dan bisnis digital marketing yang dikelola teman-teman ini juga menghasilkan keuntungan atau bisa mengaji mereka sendiri," ujar Calon Legislatif (caleg) Partai Nasdem untuk Dapil 5 daerah pemilihan Kecamatan Sukodono dan Taman ini.
Lebih lanjut pemilik usaha fashion @deloc.official menambahkan jika saat ini, produk-produk UMKM Sidoarjo utamanya fashion sudah dipasarkan ke seluruh Indonesia melalui E-Commers HahaMultiIndo.
"Pelaku UMKM di Sidoarjo yang bergabung di platfrom kami (www.hahamultiindo.com red) terus bertambah, kemudian juga banyak teman-teman anak muda yang bergabung di bisnis pemasaran digital UMKM yang kami dirikan ini," ungkapnya.
"Alhamdulillah HahaMultiIndo mampu membuka lapangan pekerjaan dan mencetak pembisnis muda Kota Delta. Pelaku UMKM juga mengapresiasi E-Commers kami, produk mereka terpasarkan dengan baik ke seluruh Indonesia dengan digital marketing yang kreatif yang di miliki SDM-SDM di HahaMultiIndo," pungkas Zakaria Dimas.
Apa Reaksi Anda?