Sebarkan Kebaikan, Hypermart Hadirkan Program Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat

Berbuat baik dibulan Ramadan yang penuh kebaikan tentunya akan dilakukan oleh banyak pihak, salah satunya Hypermart yang berbaik kebaikan melalui program Sejuta Bahagia B ...

Maret 22, 2024 - 12:00
Sebarkan Kebaikan, Hypermart Hadirkan Program Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbuat baik dibulan Ramadan yang penuh kebaikan tentunya akan dilakukan oleh banyak pihak, salah satunya Hypermart yang berbaik kebaikan melalui program Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat. 

Program Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat yang diselenggarakan Hypermart sebagai gerai swalayan modern yang tersebar dari Binjai Sumatera Utara hingga Abepura Papua menargetkan pemberian 1 juta ketupat. 

Marketing Director PT Matahari Putra Prima Tbk. Iriana Ekasari dalam kegiatan Media Gathering yang digelar di Hypermart Cyberpark Karawaci pada Selasa (20/3/2024) kemarin mengatakan rencananya target 1 juta ketupat dalam program Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat ini akan dibagikan ke 100 titik di berbagai wilayah di Indonesia.

Sambut-Ramadan-2.jpgMarketing Director PT Matahari Putra Prima Tbk. Iriana Ekasari atau yang akrab disapa Ines menjelaskan Program Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia) 

 “Jadi nantinya bentuk donasi kami dari Hypermart adalah ketupat. Mengapa ketupat? Karena merupakan makanan khas dalam setiap perayaan Idul Fitri di Indonesia,” ucap wanita yang akrab disapa Ines kepada TIMES Indonesia. 

Ines menjelaskan, dalam prosesnya pihaknya akan berkolaborasi dengan FoodCycle Indonesia untuk membagikan ketupat kepada yang berhak dan juga melibatkan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya pembuat ketupat. 

“Jadi nanti yang masak ketupatnya UMKM dan dikelola oleh FoodCycle Indonesia yang merupakan organisasi nirlaba yang mendapat ijin untuk mendistribusikan makanan dari berbagai sumber, kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan sebelum hari Raya Idul Fitri,” jelasnya. 

Sambut-Ramadan-3.jpg

Ines juga mengungkapkan karena Ramadan menjadi bulan yang baik untuk berbagi, sehingga nantinya tidak hanya ketupat saja yang diberikan tetapi ada makanan lainnya yang diberikan oleh mitra-mitra Hypermart di berbagai wilayah di Indonesia. 

“Jadi dari mitra-mitra Hypermart ada juga yang ingin ikut berbagi baik dalam bentuk makanan kaleng, minuman dan produk lainnya, kami sangat menerima pemberian tersebut sehingga bentuk donasi di tiap-tiap titik akan berbeda-beda isinya dan yang sama di seluruh Indonesia hanya ketupat dari Hypermart,” ungkapnya. 

Meskipun dari sisi bisnis belum kembali seperti saat masa sebelum pandemi Covid 19, Ines berharap hadirnya program Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat ini bisa mengembalikan kepercayaan diri internal bahwa masyarakat masih menjadikan Hypermart sebagai pilihan utama dalam berbelanja. 

“Selain itu, kami berharap dari kegiatan ini menjadi inspirasi bagi siapapun yang mendengar program ini untuk ikut berbagi dan hadirnya program Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat ini juga dalam konteks bersyukur atas kemajuan usaha yang telah dicapai di tahun 2023 lalu,” pungkasnya. 

Filosofi Ketupat Bagi Hypermart

Selain menjadi makanan khas saat perayaan Idul Fitri, ketupat juga merupakan simbol perayaan bagi keluarga dengan makan ketupat bersama dan juga sosial seperti berbagi ketupat antar tetangga. 

Ketupat dipilih karena memiliki filosofi yang sesuai dengan kondisi Hypermart saat ini. Kata ketupat dapat dimaknai dari kependekan kata Laku Papat yaitu : empat tindakan (lebaran, luberan, leburan dan laburan). Lebaran bermakna selesai, jadi diharapkan telah selesai semua perselisihan atau permasalahan. Luberan bermakna melimpah ruah sehingga luber.

“Ini juga dimaknai sebagai doa bahwa rejeki mendatang akan sampai berlimpah, namun harus dijemput dengan memberi atau berbagi,” terang Ines. 

Leburan bermakna melebur atau menyatu dengan masyarakat. Terakhir adalah kata Laburan artinya dilabur atau ditutup dengan penutup yang berwarna putih melambangkan kembali suci. 

“Bagi Hypermart, filosofi ketupat ini sangat selaras karena Hypermart ingin melebur dengan masyarakat dan membagikan banyak kebahagiaan sehingga diharapkan menjadi pilihan utama pelanggan,” tandasnya. (S) 

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow