Pupuk Semangat Kerja, Hotel Santika Banyuwangi Hadirkan Motivator Aqua Dwipayana
Dalam rangka menciptakan atmosfer positif dan produktif di tempat kerja, Santika Hotel Banyuwangi mengadakan acara khusus yang bertema "Membangun Sinergi dan Menciptakan ...
TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Dalam rangka menciptakan atmosfer positif dan produktif di tempat kerja, Santika Hotel Banyuwangi mengadakan acara khusus yang bertema "Membangun Sinergi dan Menciptakan Pelayanan Prima Melalui Komunikatif Efektif". Kegiatan yang digelar di Ijen Room Santika Hotel Banyuwangi ini merupakan bagian dari komitmen hotel untuk selalu memberikan dukungan dan perhatian terhadap pengembangan kualitas karyawan.
Demi memastikan wawasan benar-benar berbobot, hotel berbintang tiga itu mengundang motivator papan atas untuk membekali para karyawan pemahaman baru, tentang pentingnya semangat dan dedikasi dalam meraih kesuksesan di dunia industri perhotelan melalui komunikasi yang menarik, baik dan benar kepada para tamu.
Pada kesempatan kali ini, Santika Hotel Banyuwangi menghadirkan Aqua Dwipayana. Dia merupakan sosok inspiratif yang telah dikenal secara luas serta mampu menggerakkan semangat dan potensi terbaik dalam diri setiap individu. Dengan pengalaman dan wawasannya yang kaya, Aqua sapaan akrabnya, berbagi kisah inspiratifnya serta memberikan wawasan berharga tentang bagaimana cara komunikasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para tamu hotel.
Pria yang berprofesi sebagai Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, dalam paparannya menerangkan tentang komunikasi dan hospitality menjadi peran penting dalam dunia bisnis. Terlebih dalam industri perhotelan dua poin tersebut merupakan kunci untuk merebut hati para pelanggan.
Dihadapan para audiens, Doktor Komunikasi Universitas Padjadjaran ini menekankan beberapa poin penting yang harus dikuasai untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal yaitu, memperkaya pengetahuan tentang keunggulan dan fasilitas yang ada di hotel dan mengetahui kelebihan serta kekurangan kompetitor.
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Aqua Dwipayana bersama keluarga besar Hotel Santika Banyuwangi. (FOTO: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)
Menurutnya, banyak orang yang tidak mengetahui produk apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Hal ini tentu membuat mereka sulit pada saat memasarkan barang atau jasa mereka. Bahkan, jika perlu orang terdekat atau di sekitar dikenalkan dengan produk yang akan ditawarkan supaya bisa menjadi marketing pula produk tersebut.
“Kuasai dulu produk yang kita miliki, baru bisa menjadi marketing yang handal untuk menarik hati para tamu,” katanya, Jumat, (21/7/2023).
Selanjutnya, melakukan analisis terhadap kekuatan dan kelemahan kompetitor. Dimana pada tahap ini merupakan proses Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM) dengan memaksimalkan kreatifitas yang ada untuk menjadi pembeda dari perusahaan lain supaya membuat pelanggan semakin terkesan.
"Melalui analisa kompetitor akan membuat kinerja terarah. Mengetahui target dan strategi apa yang diperlukan," ujarnya.
Bapak dari kedua orang anak yang bernama Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta itu juga mengajak para pegawai Santika meningkatkan kapasitas diri melalui peningkatan jenjang pendidikan, spiritualitas serta etos kerja gigih dan ikhlas.
Disamping itu, Aqua juga menegaskan tentang korelasi antara silaturahmi dan pintu rezeki. Menurutnya, Kedua hal itu saling berkaitan satu sama lain. Berawal dari silaturahmi akan membuka banyak mendatangkan pintu rezeki.
"Melalui silaturahmi dan pertemanan yang tulus, relasi yang terbangun akan begitu erat dan dengan cara itu yakinlah maka rezeki akan mudah didapatkan," cetusnya.
Aqua menyampaikan bahwa terdapat konsep hidup yang membuat lebih nyaman, aman dan bahagia diantaranya yakni, berdoa, bekerja dan bersyukur. Dengan ditambah kerja ikhlas, cerdas, keras dan tuntas.
“Apabila kita senantiasa melakukan semua itu, maka selama hidup kita akan merasa lebih bermanfaat dan tidak ada beban duniawi,” imbuhnya.
Perlu diketahui, dalam diskusi sharing komunikasi yang diikuti pejabat dan karyawan Hotel Santika Banyuwangi tersebut berjalan aktif. Lantaran banyak dari karyawan yang berantusias melontarkan pertanyaan terkait giat-giat dalam memupuk semangat kerja sekaligus mengatasi masalah dalam pekerjaan.
Sementara itu, General Manager Santika Edy Dwi Sutrisno mengucapkan salam hormatnya kepada Dr Aqua Dwipayana. pihaknya sengaja menghadirkan sosok motivator nasional itu untuk menguatkan visi diantara para pegawai. Dengan harapan besar terletak pada peningkatan kualitas layanan dan prestasi yang lebih cemerlang di masa mendatang.
“Semoga acara ini dapat menginspirasi para karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang semakin positif dan produktif. Dan kami ucapkan terimakasih kepada Dr Aqua Dwipayana yang sudah meluangkan waktu dikala kesibukannya untuk memberikan materi yang penuh nilai dan makna kepada Santika Hotel Banyuwangi,” imbuhnya. (*)
Apa Reaksi Anda?