DJPU Kemenhub: Persiapkan Manajemen Delay untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Transportasi udara menjadi favorit masyarakat yang ingin menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Kecepatan dan efektivitas menjadi alasan utama mengapa transportasi udara menjadi pilihan perjalanan yang…

Desember 31, 2023 - 16:00
DJPU Kemenhub: Persiapkan Manajemen Delay untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2023

TIMESINDONESIA, JAKARTA – dir="ltr">Transportasi udara menjadi favorit masyarakat yang ingin menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Kecepatan dan efektivitas menjadi alasan utama mengapa transportasi udara menjadi pilihan perjalanan yang populer.

Animo masyarakat yang tinggi terhadap transportasi udara mendorong pemerintah untuk melakukan persiapan matang menjelang Nataru. Berbagai sosialisasi kepada masyarakat terus dilakukan untuk memastikan kelancaran perjalanan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, M. Kristi Endah Murni, mengimbau calon penumpang agar lebih teliti sebelum membeli tiket. Tiket yang dipesan melalui travel agent dilakukan melalui mesin sehingga perlu berhati-hati, terutama terkait jadwal keberangkatan.

Kristi juga menyoroti fokus pemerintah pada antisipasi cuaca, karena kondisi cuaca dapat mempengaruhi penerbangan.

"Beberapa delay mungkin terjadi karena cuaca; kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengantisipasi, tetapi jika tidak dapat dihindari, dapat menyebabkan delay," kata Kristi.

Kristi meminta penumpang untuk bersabar ketika menghadapi delay. Ia akan menyiapkan manajemen delay agar tidak terjadi prasangka antara penumpang, maskapai, atau bandara.

Ia juga mengimbau calon penumpang datang lebih awal agar perjalanan berjalan lancar, karena kenyamanan perjalanan akan memengaruhi kualitas libur Nataru.

Mengutip laporan data penerbangan Kementerian Perhubungan, Garuda Indonesia memiliki persentase ketepatan waktu penerbangan sebesar 96,1%. Sementara itu, Pelita Air menempati posisi kedua sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu di Indonesia dengan persentase 93,6%, diikuti oleh Sriwijaya Air dengan persentase ketepatan waktu sebesar 62,6%.

Untuk mempermudah dan menghindari antrian panjang pada proses check-in, Pelita Air menyediakan fasilitas seperti web check-in, mobile app Pelita Air, kiosk check-in mandiri, dan bagi penumpang dengan bagasi, terdapat juga counter baggage drop pada semua rute penerbangan mereka.

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow