Bukan Main, UMG Cairkan Beasiswa Rp 6 Miliar Untuk Ratusan Mahasiswa Tahun 2022-2023

Universitas Muhammadiyah Gresik adalah salah satu Univeritas terbesar di Jawa Timur, berbagai prestasi telah ditorehkan UMG saat awal tahun 2023

April 1, 2023 - 19:10
Bukan Main, UMG Cairkan Beasiswa Rp 6 Miliar Untuk Ratusan Mahasiswa Tahun 2022-2023

TIMESINDONESIA, GRESIK – Universitas Muhammadiyah Gresik adalah salah satu Univeritas terbesar di Jawa Timur, berbagai prestasi telah ditorehkan UMG saat awal tahun 2023 baik dibidang tata kelola, publikasi, kehumasan, website hingga ratusan prestasi dan perolehan medali kejuaraan dari para mahasiswanya.

Sebagai bentuk pekercayaan dari masyarakat, tak heran, beragam beasiswa juga dikucurkan, baik oleh pemerintah, sektor swasta hingga perusahaan bagi ribuan mahasiswa UMG. Bangga dan bersyukur, itu yang dirasakan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMG, Suwarno, SE, M.Si.

“Alhamdulillah, UMG masih dipercaya untuk bisa mencairkan beasiswa dari berbagai sektor, total ada 10 jenis beasiswa yang dicairkan pada semester ganjil tahun 2022-2023. Hal ini tentunya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi UMG, sudah dekat, berkualitas banyak sekali macam beasiswa yang didapatkan oleh mahasiswanya,” tuturnya berpromosi. Total beasiswa yang dicairkan UMG sebesar Rp 6 miliar. 

Kepercayaan dari pemerintah dan berbagai sektor swasta serta lembaga lain tidak lepas dari bentuk tanggungjawab dan kredibilitas dari UMG selama ini dalam mengelola keuangan khususnya beasiswa. Rusdiana, Kepala Bagian Layanan dan Kesejahteraan Mahasiswa UMG yang selama ini menjadi penanggungjawab pencairan dana beasiswa mahasiswa menjelaskan bahwa beasiswa yang didapatkan oleh mahasiswa UMG bersumber dari berbagai jenis beasiswa, diantaranya adalah Bidikmisi UMG on going, KIPK On going 2020, KIPK On going 2021, KIPK On going 2022, KIP Kuliah On going 2022 UM, Beasiswa UPZ Semen Indonesia, Beasiswa Disabilitas, Beasiswa Unggulan serta Beasiswa LazisMu.

“Total ada 746 mahasiswa yang mendapat beasiswa, dan bisa dikatakan hampir 14% mahasiswa yang berkuliah di UMG mendapatkan beasiswa, dan mudah mudahan akan semakin banyak lagi macam beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa,” tuturnya bangga.

Ia kembali menjelaskan bahwa KIP Kuliah adalah salah satu beasiswa primadona yang paling banyak dicari oleh calon mahasiswa baru. KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tapi memiliki keterbatasan ekonomi. Yang didapatkan oleh mahasiswa dari program KIP Kuliah adalah berupa biaya kuliah dan biaya hidup (untuk membeli buku dan peralatan kuliah lainnya) mulai mahasiswa masuk hingga lulus.

Dilansir dari laman kemendikbudristek, bahwa salah satu tujuan diadakannya KIP Kuliah adalah meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.

Rektor UMG, Nadhirotul Laily S. Psi, M. Psi Psikolog, yang ditemui disela kesibukannya berharap semakin banyak yang akan mendapatkan beasiswa dan terus berupaya untuk komitmen tersebut.  

“Saya ingin UMG dikenal tidak hanya Universitas milik golongan menengah keatas saja, karena kesempatan mendapatkan ilmu dan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi juga untuk semua lapisan masyarakat, khususnya di daerah Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan sekitarnya. Tidak menuntup kemungkinan pada tahun ajaran 2023-2024 kedepan, UMG akan mendapatkan kesempatan mencairkan beasiswa lebih banyak lagi, karena berkaca dari peringkat UMG yang terus melesat baik di kancah Regional hingga Nasional. Saya berharap akan banyak mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa dari UMG ataupun sektor lainnya,” harap Rektor UMG optimis. (*)

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow