Anggota Komunitas UMARA Madiun Belajar Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Konten

Anggota Komunitas UMKM Maju Sejahtera (UMARA) Madiun belajar tips agar tidak kehabisan ide konten. ...

Maret 1, 2023 - 02:40
Anggota Komunitas UMARA Madiun Belajar Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Konten

TIMESINDONESIA – Anggota Komunitas UMKM Maju Sejahtera (UMARA) Madiun belajar tips agar tidak kehabisan ide konten. 

Acara yang diadakan di Warung Rice Good Jalan Pilang Raya Nomor 5 Kota Madiun ini merupakan program rutin bulanan bernama Diskusi UMARA Class (D'UMARA Class).

Pemateri diskusi, Andri Kurniawan yang juga owner Toko Parfum Flownia di Jalan Raya Madiun-Caruban, Desa Klitik, Kecamatan Wonoasri menjelaskan beberapa tips agar tidak kehabisan ide. 

UMARA-Madiun-2.jpgSuasana diskusi Diskusi UMARA Class (D'UMARA Class). (FOTO: Umara For TIMES Indonesia)

"Pertama, membuat master planning konten, kemudian membuat master design, setelah itu menyiapkan konten untuk dua hari ke depan. Sebisanya dulu, lama kelamaan jadi profesional. Bisa juga mencontoh dari kompetitor sebagai inspirasi," katanya, Selasa (28/2/2023). 

Untuk membuat sebuah konten, menurut Andri, juga harus ada pondasinya atau tidak boleh asal-asalan.

Pondasi konten meliputi: 

1. Awareness; dari tidak tahu menjadi tahu, contohnya memberikan edukasi seperti informasi dan tips.

2. Trust ; dari ragu menjadi percaya. Seperti testimoni, kirim-kirim, before-after, behind the scene

3. Engagement, memancing konsumen lebih aktif

4. Selling, bertujuan agar produk terjual dengan cepat. Seperti, promo, give away dan foto produk. 

5. Branding; bertujuan agar pembeli nyaman dengan produk kita (untuk jangka panjang). Seperti, diferensiasi dan solve the problem service.

"Inti dari keberhasilan adalah tekun dan konsisten. Seberapa pun bagusnya konten jika tidak tekun dan konsisten hasilnya tidak akan maksimal," terang dia. 

Di samping itu, peserta yang hadir dalam diskusi D'Umara Class cukup banyak, acaranya pun meriah. Mereka tampak serius mendengarkan pemaparan materi narasumber yang dibuktikan dengan antusias banyaknya pertanyaan saat sesi tanya jawab dibuka.

UMARA-Madiun-3.jpgFoto bareng pelaku usaha UMKM usai diskusi. (FOTO: Umara For TIMES Indonesia)

Sementara itu, Ketua Umum UMARA, Masita mengatakan, program D'UMARA Class rutin diadakan agar anggota tetap ada tambahan pengetahuan baru dan tempatnya pun bergantian. 

"Ini juga sebagai sarana silaturahmi antar anggota. Acara kian meriah karena ditutup dengan karaoke Hore," ujarnya. 

Selain itu, Elisabeth sebagai tuan rumah juga mengaku sangat bahagia, terlebih acara yang digelar oleh para pengusaha ini bisa berlangsung lancar.

"Saya senang D'UMARA class bisa mempererat kekeluargaan dan kebersamaan antar anggota, selain itu kita juga diberi pengetahuan gratis," jelasnya. (*)

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow