Tren Penjualan Makanan Kucing di Januari - Mei 2024, Royal Canin Menguasai Pasar
Di Indonesia sendiri, tingkat kepemilikan hewan peliharaan terus meningkat seiring dengan kemajuan ekonomi negara yang pesat, juga didorong oleh peningkatan urbanisasi dan industrialisasi. Akibatnya, keberadaan hewan peliharaan di Indonesia tumbuh sebesar 75,7% pada tahun 2017 sampai dengan 2022.Tren memelihara hewan peliharaan menyebabkan permintaan yang cukup besar untuk produk-produk hewan peliharaan kualitas premium, terutama kategori makanan hewan. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan pasar makanan hewan di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 5,1% dari tahun 2021 hingga 2026.Pasar Makanan Hewan PeliharaanMenurut hasil riset dari Magpie E-commerce Intelligence, pasar makanan kucing di Indonesia berhasil meraih nilai bruto (GMV) sebesar IDR 470,1 miliar, dengan total 30,7 juta produk terjual dari Januari sampai Mei 2024. “Peningkatan tertinggi dalam kategori Makanan Hewan Peliharaan terjadi pada Mei 2024, dengan GMV meningkat sebesar 33,56% dari bulan sebelumnya,” ujar Wilhendra, CEO dari Magpie.Pembagian per E-commerceDi pasar makanan hewan peliharaan, Shopee mendominasi pangsa pasar dengan 74,1%, diikuti oleh Tokopedia (18,7%) dan Lazada (6,87%). Shopee secara signifikan meningkatkan pangsa pasarnya sebesar 47% pada Mei, sementara Tokopedia mengalami peningkatan sebesar 12% pada periode yang sama. “Hal ini menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya, Shopee lebih disukai sebagai platform untuk membeli produk hewan peliharaan secara online,” kata Wilhendra.Pembagian per BrandLima brand teratas menyumbang lebih dari setengah penjualan keseluruhan pasar, dengan Royal Canin memimpin kategori makanan kucing dengan pangsa pasar 17,2%. Cat Choize berada di urutan kedua dengan 12,5%, dan Me-O di posisi ketiga dengan 9,6%.Pangsa Pasar Makanan Kucing dari Waktu ke WaktuDari Januari hingga Mei 2024, pasar makanan kucing didominasi oleh Royal Canin dan Cat Choize. Cat Choize mengalami peningkatan signifikan pada Februari dan Maret, melampaui Royal Canin, namun mereka berhasil merebut kembali posisi terdepan di bulan berikutnya. Kitchen Flavor menunjukkan pertumbuhan yang stabil, menunjukkan potensi yang menjanjikan meskipun pangsa pasarnya lebih kecil.Brand Makanan Kucing Terlaris di E-commerceDi Shopee, Royal Canin memimpin dengan pangsa 15,86% dan menghasilkan pendapatan sebesar IDR 55,28 miliar. Cat Choize dan Me-O berada di posisi kedua dalam pasar yang kompetitif ini.Di Tokopedia, Royal Canin juga menjadi pemimpin pasar dengan pangsa 26,37%. Cat Choize berada di posisi kedua dengan pangsa 15,94%, sementara Me-O dan Life Cat bersaing ketat dengan selisih hanya 0,32%.Produk Makanan Kucing Terlaris di E-commerceProduk terlaris dari Me-O adalah Me-O Canned Cat Food Seafood Platter yang berhasil menghasilkan IDR 31,75 miliar dan terjual hampir 2,24 juta produk. Lalu, Cat Choize Cat Salmon 800g berada di urutan kedua, dan diikuti oleh Royal Canin FCN Hair & Skin 2kg di posisi ketiga. “Konsumen cenderung membeli produk Me-O dan Cat Choize dalam jumlah kecil tetapi lebih sering, sementara pembeli Royal Canin lebih memilih ukuran kemasan yang lebih besar,” ujar Wilhendra.Sumber Gambar di Thumbnail : Freepik
Kepemilikan hewan peliharaan dan permintaan produk premium hewan peliharaan semakin meningkat pesat di Indonesia. Hal ini mendorong pertumbuhan yang signifikan di pasar makanan hewan peliharaan. Shopee mendominasi pasar dengan Royal Canin memimpin di kategori makanan kucing, menunjukkan preferensi konsumen untuk kualitas dan kemudahan dalam berbelanja.
Di Indonesia sendiri, tingkat kepemilikan hewan peliharaan terus meningkat seiring dengan kemajuan ekonomi negara yang pesat, juga didorong oleh peningkatan urbanisasi dan industrialisasi. Akibatnya, keberadaan hewan peliharaan di Indonesia tumbuh sebesar 75,7% pada tahun 2017 sampai dengan 2022.
Tren memelihara hewan peliharaan menyebabkan permintaan yang cukup besar untuk produk-produk hewan peliharaan kualitas premium, terutama kategori makanan hewan. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan pasar makanan hewan di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 5,1% dari tahun 2021 hingga 2026.
Pasar Makanan Hewan Peliharaan
Menurut hasil riset dari Magpie E-commerce Intelligence, pasar makanan kucing di Indonesia berhasil meraih nilai bruto (GMV) sebesar IDR 470,1 miliar, dengan total 30,7 juta produk terjual dari Januari sampai Mei 2024. “Peningkatan tertinggi dalam kategori Makanan Hewan Peliharaan terjadi pada Mei 2024, dengan GMV meningkat sebesar 33,56% dari bulan sebelumnya,” ujar Wilhendra, CEO dari Magpie.
Pembagian per E-commerce
Di pasar makanan hewan peliharaan, Shopee mendominasi pangsa pasar dengan 74,1%, diikuti oleh Tokopedia (18,7%) dan Lazada (6,87%). Shopee secara signifikan meningkatkan pangsa pasarnya sebesar 47% pada Mei, sementara Tokopedia mengalami peningkatan sebesar 12% pada periode yang sama. “Hal ini menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya, Shopee lebih disukai sebagai platform untuk membeli produk hewan peliharaan secara online,” kata Wilhendra.
Pembagian per Brand
Lima brand teratas menyumbang lebih dari setengah penjualan keseluruhan pasar, dengan Royal Canin memimpin kategori makanan kucing dengan pangsa pasar 17,2%. Cat Choize berada di urutan kedua dengan 12,5%, dan Me-O di posisi ketiga dengan 9,6%.
Pangsa Pasar Makanan Kucing dari Waktu ke Waktu
Dari Januari hingga Mei 2024, pasar makanan kucing didominasi oleh Royal Canin dan Cat Choize. Cat Choize mengalami peningkatan signifikan pada Februari dan Maret, melampaui Royal Canin, namun mereka berhasil merebut kembali posisi terdepan di bulan berikutnya. Kitchen Flavor menunjukkan pertumbuhan yang stabil, menunjukkan potensi yang menjanjikan meskipun pangsa pasarnya lebih kecil.
Brand Makanan Kucing Terlaris di E-commerce
Di Shopee, Royal Canin memimpin dengan pangsa 15,86% dan menghasilkan pendapatan sebesar IDR 55,28 miliar. Cat Choize dan Me-O berada di posisi kedua dalam pasar yang kompetitif ini.
Di Tokopedia, Royal Canin juga menjadi pemimpin pasar dengan pangsa 26,37%. Cat Choize berada di posisi kedua dengan pangsa 15,94%, sementara Me-O dan Life Cat bersaing ketat dengan selisih hanya 0,32%.
Produk Makanan Kucing Terlaris di E-commerce
Produk terlaris dari Me-O adalah Me-O Canned Cat Food Seafood Platter yang berhasil menghasilkan IDR 31,75 miliar dan terjual hampir 2,24 juta produk. Lalu, Cat Choize Cat Salmon 800g berada di urutan kedua, dan diikuti oleh Royal Canin FCN Hair & Skin 2kg di posisi ketiga. “Konsumen cenderung membeli produk Me-O dan Cat Choize dalam jumlah kecil tetapi lebih sering, sementara pembeli Royal Canin lebih memilih ukuran kemasan yang lebih besar,” ujar Wilhendra.
Sumber Gambar di Thumbnail : Freepik
Apa Reaksi Anda?