Tingkatkan Layanan WBS dan Dumas, Itjen Kemenag Benchmark ke Ombudsman dan KemenPANRB

Itjen Kemenag (Inspektorat Jenderal Kementerian Agama) terus melakukan inisiatif untuk meningkatkan layanan Whistle Blowing System (WBS) dan Pengaduan Masyarakat (Dumas). ...

Maret 5, 2024 - 21:30
Tingkatkan Layanan WBS dan Dumas, Itjen Kemenag Benchmark ke Ombudsman dan KemenPANRB

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Itjen Kemenag (Inspektorat Jenderal Kementerian Agama) terus melakukan inisiatif untuk meningkatkan layanan Whistle Blowing System (WBS) dan Pengaduan Masyarakat (Dumas).

Salah satunya Itjen Kemenag melakukan benchmarking ke Ombudsman RI dan Inspektorat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) yang dilaksanakan tanggal 4-5 Maret 2024. 

“Berangkat dari amanat KPK agar setiap kementerian yang telah memiliki aplikasi WBS dapat mengintegrasikan dengan aplikasi WBS Tipikor KPK, demi keamanan pelapor maupun terlapor untuk itu kunjungan benchmarking sebagai inisiatif untuk mempelajari praktik terbaik dalam pengelolaan WBS dan pengaduan masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kami agar lebih responsif, transparan, dan akuntabel,” ucap Kabag Kepegawaian dan Umum Itjen Kemenag yang juga menjabat sebagai Plt. Kabag PHP, SI, dan Dumas Nurul Badruttamam di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Menurut Nurul yang juga menjabat sebagai Plt. Kabag PHP, SI, dan Dumas, upaya ini sejalan dengan komitmen Kemenag dalam mewujudkan tata kelola yang baik dan memperkuat integritas institusi.

“Kami percaya bahwa dengan meningkatkan sistem pengaduan kami, kami dapat lebih efektif melakukan tindakan preventif terhadap adanya potensi fraud serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap Kemenag. Ini sejalan dengan amanat Menteri Agama untuk terus mewujudkan tata kelola yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Inspektur Kementerian PANRB Aan Syaiful Ambia menyambut baik inisiatif dari Itjen Kemenag. “Kami berharap dari benchmark ini dapat menggali potensi kolaborasi antar Kementerian atau Lembaga (K/L) melalui media diskusi seperti ini. Kolaborasi ini untuk mewujudkan layanan pengaduan yang baik,” tandasnya.


Komitmen Tingkatkan Layanan Pengaduan

Tata-Cara-DUmas.jpg

Itjen Kemenag berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan penanganan pengaduan. Kebijakan penanganan pengaduan ini meliputi kebijakan terkait perlindungan atas kerahasiaan identitas dan materi pengaduan, kebijakan terkait perlindungan atas karir, kebijakan terkait perlindungan atas ancaman fisik dan pidana dan/atau perdata, kewajiban pegawai untuk melaporkan dugaan pelanggaran, pemberian penghargaan dan sanksi terkait pelaporan dugaan pelanggaran, kebijakan / aturan hukum/SOP terkait dengan peraturan yang mengatur tentang penanganan pengaduan serta mekanisme penanganan bagi pelapor internal. 

Bagi masyarakat yang ingin melaporkan WBS dan Pengaduan Masyarakat dapat mengakses Super-Apps Pusaka Kemenag, lalu masuk ke Menu Pengaduan Masyarakat dan WBS. Kategori pengaduan yang dapat dilaporkan adalah dugaan Pelanggaran Disiplin ASN, Penyalahgunaan Wewenang, Korupsi, Pungutan Liar (Pungli) dan Gratifikasi serta Pelayanan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. 

Pengaduan masyarakat akan ditolak dan tidak akan ditindaklanjuti apabila substansi pengaduan masyarakat sedang dan telah menjadi objek pemeriksaan pengadilan serta substansi yang dilaporkan bukan merupakan kewenangan Itjen Kemenag. (*) 

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow