Tidak Perlu Tes, Daftar Kuliah di UT Surabaya Bisa Langsung Jadi Mahasiswa, Berikut Ini Cara Daftarnya
UT Surabaya merupakan Universitas Negeri yang menawarkan sistem pendidikan yang fleksibel. Cara daftarnya sangat mudah dan Anda bisa langsung jadi mahasiswa tanpa perlu melewati tahapan tes masuk perguruan…
TIMESINDONESIA, SURABAYA – UT Surabaya merupakan Universitas Negeri yang menawarkan sistem pendidikan yang fleksibel. Cara daftarnya sangat mudah dan Anda bisa langsung jadi mahasiswa tanpa perlu melewati tahapan tes masuk perguruan tinggi.
Seperti yang diketahui, untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas biasanya calon mahasiswa akan melalui beberapa tahapan yaitu, pendaftaran, tes masuk dan lain sebagainya.
Tetapi berbeda dengan UT Surabaya, berbagai macam kemudahan diberikan agar masyrakat lebih mudah untuk kuliah.
Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd menuturkan menajadi mahasiswa UT Surabaya sangat mudah. Sebelum melakukan pendaftaran silahkan pastikan terlebih dahulu jurusan atau program studi yang akan diambil.
Setelah itu, login ke website UT Surabaya untuk melakukan tahapan pendaftaran, melengkapi berkas yang dibutuhkan, registrasi matakuliah dan lakukan pembayaran.
"Apabila semua telah dilakukan akan otomatis menjadi mahasiswa di UT Surabaya tanpa ada tes masuk kecuali untuk Program S2," ungkapnya.
Pendaftaran bagi bakal calon mahasiswa baru UT Surabaya dapat dilakukan secara online, dengan tata cara berikut:
1. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran pada link berikut ini https://admisi-sia.ut.ac.id/auth/registrasi/mahasiswa-baru/v2
2. Calon mahasiswa melakukan proses verifikasi pada link yang dikirimkan pada email calon mahasiswa yang di daftarkan.
3. Calon Mahasiswa melakukan pembayaran billing admisi pada Bank atau mitra Universitas Terbuka BRI/BTN/Mandiri/BNI/Alfagroup/Tokopedia/PosPay.
4. Setelah pembayaran LIP Tagihan Admisi dilakukan, maka akun Status Pembayaran pada laman SIA calon mahasiswa menjadi Lunas.
5. Kemudian calon mahasiswa dapat melengkapi proses registrasi data pribadi.
6. Data pribadi calon mahasiswa akan divalidasi oleh Universitas Terbuka dalam waktu 3x24 jam dari proses pengisian kelengkapan data registrasi.
7. Lakukan Cetak KTM (kartu tanda mahasiswa) untuk mahasiswa baru Universitas Terbuka.
8. Mahasiswa baru melakukan registrasi matakuliah sesuai dengan program yang ditempuh.
9. Mahasiswa Melakukan Pembayaran billing registrasi mata kuliah pada Bank atau Mitra Universitas Terbuka BRI/BTN/Mandiri/BNI/Alfagroup/Tokopedia/Pospay.
Sebagai informasi, sejak diresmikan pada tahun 1984, Universitas Terbuka (UT) telah mendapatkan mandat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan yang luas kepada semua warga negara Indonesia, baik yang baru lulus maupun yang sudah berumur, untuk mengikuti pendidikan tinggi.
Dalam menjalankan tugasnya, UT Surabaya menawarkan sistem pendidikan yang fleksibel melalui metode jarak jauh yang bertujuan untuk memudahkan banyak orang dalam mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. (*)
Apa Reaksi Anda?