Pendidikan Matematika UNIPMA Gelar Workshop Penguatan Kurikulum melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Case-Study dan Project-Based

Program studi Pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Madiun (UNIPMA Madiun) melaksanakan Workshop Penguatan Kurikulum melalui  inovasi pembelajaran berbasis…

September 1, 2023 - 17:40
Pendidikan Matematika UNIPMA Gelar Workshop Penguatan Kurikulum melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Case-Study dan Project-Based

TIMESINDONESIA, MADIUN – Program studi Pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Madiun (UNIPMA Madiun) melaksanakan Workshop Penguatan Kurikulum melalui  inovasi pembelajaran berbasis case-study dan project-based. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, (18/7/2023) mengundang pemateri Dr. Dian Kurniati, M.Pd. Koordinator bidang pengembangan kurikulum Indonesian Mathematics Educators' Society (I-MES) wilayah jatim dan dihadiri oleh Dekan FKIP UNIPMA Madiun Dr. Sardulo Gembong, M.Pd.

Kegiatan workshop ini menyikapi  kebijakan MBKM yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwasanya diperlukan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yang menggunakan case-study dan project-based.

Melalui kegiatan workshop ini dosen program studi Pendidikan Matematika UNIPMA Madiun mampu merancang metode pembelajaran menggunakan kedua metode tersebut.

Dian-Kurniati.jpgDr. Dian Kurniati, M.Pd. saat memberikan materi workshop. (Foto: Humas UNIPMA  for TIMES Indonesia)

Case Method merupakan metode pembelajaran partisipatif berbasis diskusi untuk memecahkan kasus atau masalah. Penerapan metode ini akan membantu mahasiswa mengasah dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas.

Sedangkan, project-based merupakan metode yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata berbasis proyek yang memberikan tantangan bagi mahasiswa yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok.

Dr. Sardulo Gembong, M.Pd mengharapkan dalam kegiatan workshop ini dosen-dosen diprogram studi pendidikan matematika mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran inovatif kreatif dengan menggunakan metode Case method dan Project-based Learning pada penerapan kurikulum MBKM. (*)

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow