Pemuda Indonesia Ciptakan Aplikasi Pembayaran Iuran Perumahan
Menagih Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) adalah tantangan tersendiri bagi para pengelola perumahan, terutama Perumahan kecil.
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menagih Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) adalah tantangan tersendiri bagi para pengelola perumahan, terutama Perumahan kecil. Di beberapa Perumahan dan Apartemen milik Grup-Grup Properti Besar, mereka mulai memecahkan kesulitan tersebut dengan menciptakan Software as a Service (SaaS) untuk Iuran Lingkungan secara eksklusif untuk warga mereka yang berbentuk platform website maupun mobile. Sehingga warga perumahan atau apartmen akan lebih mudah membayar IPL dan pengelola dapat mengingatkan warga secara mudah. Namun Perumahan kecil mayoritas masih berkutat di metode tradisional.
Menanggapi tantangan tersebut, perusahan startup baru PT. Trisuku Inti Griya Abadi mengembangkan platform pembayaran Iuran Perumahan Bernama OmahKu. “OmahKu yang baru saja rilis di awal 2023 ini berfokus untuk menjangkau perumahan-perumahan kecil, terutama kelas menengah dan menengah bawah” ujar Reynaldi - Chief Executive Officer (CEO) dari OmahKu. Aplikasi pembayaran digital ini memiliki fungsi untuk mengatur biaya iuran bulanan dan memberi pengingat kepada warga setiap bulannya, sehingga warga bisa melakukan pembayaran all in one untuk semua tagihan. “OmahKu sama sekali tidak memegang uang klien dan itu akan langsung masuk ke rekening klien (pengelola perumahan)” ujar Reynaldi. Klien bisa mengatur pemasukan serta pengeluarannya sendiri dan dana akan masuk ke rekening klien H+ 1 sedangkan untuk reminder pembayaran tagihan, akan di kirimkan sesuai dengan tanggal tagihan masing-masing komplek. Startup ini didirikan oleh Reynaldi Bersama 2 rekan lainnya yaitu Ahmad Arif sebagai Chief Operating Officer (COO) dan Rauzan Fikri sebagai Chief Technical Officer (CTO).
Saat ini aplikasi OmahKu sudah tersedia untuk Umum. OmahKu mulai mendapat respon positif dari berbagai perumahan yang sudah mencoba. “Saat ini baru tersedia di website nya saja www.omahku-id.com , saya berharap ke depanya tersedia di platform mobile agar lebih mudah” harapan Abid, seorang pengelola perumahan di daerah Bintaro – Tangerang Selatan yang sudah mencoba aplikasi OmahKu.
“Kami berharap aplikasi ini akan menjadi solusi bagi perumahan kecil untuk mempermudah rutinitas mereka menagih iuran kepada warga” ujar Ahmad Arif. Kedepanya Ahmad Arif selaku COO OmahKu Menegaskan bahwa OmahKu memiliki Visi agar aplikasi ini dapat menjangkau berbagai perumahan maupun apartemen di seluruh Indonesia. “OmahKu terbuka bagi seluruh perumahan yang ingin kami bantu permudah penagihan iuran perumahan” ujar Ahmad Arif.
Apa Reaksi Anda?