Barbershop Bifa’s Malang Kebanjiran Pelanggan Menjelang Ramadan, Puncak Antrean di Malam Takbiran
Menjelang bulan Ramadan, Barbershop Bifa’s mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang cukup signifikan. Menurut Sugianto, owner barbershop ini, lonjakan pengunjung mulai terasa sejak H-10 hingga…

TIMESINDONESIA, MALANG – Menjelang bulan Ramadan, Barbershop Bifa’s mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang cukup signifikan. Menurut Sugianto, owner barbershop ini, lonjakan pengunjung mulai terasa sejak H-10 hingga H-7 Ramadan.
“Kunjungannya itu meningkat kisaran kurang lebih satu minggu sebelum Ramadan, sekitar H-7 sampai H-10 harian. Itu sudah mulai banyak pengunjung yang datang dari biasanya,” ujar Sugianto saat diwawancarai.
Puncak kepadatan biasanya terjadi pada malam takbiran, sehari sebelum Hari Raya Idulfitri. Meskipun demikian, jam operasional barbershop tetap 11.00 – 21.00 WIB, tetapi jika masih ada pelanggan yang antre, mereka tetap akan dilayani hingga selesai, bahkan hingga 22.30 WIB.
“Kalau ada pelanggan yang masih antre, kami tetap layani. Pokoknya terakhir lima orang jam sembilan malam, nanti selesai sekitar jam sepuluh atau setengah sebelas,” tambahnya.
Strategi Menghadapi Lonjakan Pelanggan
Untuk mengurangi antrean, Barbershop Bifa’s membatasi layanan tertentu menjelang Lebaran. Tiga hari sebelum Idulfitri, layanan pewarnaan rambut ditiadakan agar pelanggan yang hanya ingin potong rambut tidak perlu menunggu terlalu lama.
“Tiga hari sebelum Lebaran, layanan coloring atau selain cukur ditiadakan. Jadi khusus potong rambut saja. Kasihan kalau ada pelanggan yang hanya ingin cukur tapi harus menunggu lama karena ada layanan pewarnaan,” jelas Sugianto.
Selain itu, barbershop ini berencana menambah satu pegawai tambahan sebagai kasir sekaligus petugas yang mengatur antrean menjelang Lebaran.
“Mungkin nanti pas H-3 Lebaran, kita tambah satu orang buat kasir atau sekaligus mengatur antrean. Jadi bisa lebih teratur dan pelanggan tidak menunggu terlalu lama,” tambahnya.
Dengan strategi ini, Barbershop Bifa’s berharap bisa memberikan layanan optimal bagi pelanggan yang ingin tampil rapi menyambut Hari Raya Idulfitri. (*)
Pewarta: Ahmad Dhani Prasetyo Rojab
Apa Reaksi Anda?






