4.152 Maba UIN Malang Ikuti PBAK U 2023, 25 Diantaranya Maba Asing

Secara resmi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang membuka gelaran Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Universitas (PBAK-U) tahun 2023, Sen ...

Agustus 21, 2023 - 17:00
4.152 Maba UIN Malang Ikuti PBAK U 2023, 25 Diantaranya Maba Asing

TIMESINDONESIA, MALANG – Secara resmi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang membuka gelaran Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Universitas (PBAK-U) tahun 2023, Senin (21/8/2023) di lapangan utama UIN Malang. Acara berlangusng meriah dengan hadirnya 4.152 mahasiswa baru, dimana 25 orang diantaranya merupakan Maba dari luar negeri.

Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA menyampaikan bahwa kampus UIN Malang adalah kampus yang unggul dan bereputasi internasional.

"Mahasiswa yang telah menginjakkan kaki di UIN Malang, kampus yang bereputasi International ini  artinya sudah berniat nawaitu ta'alluma lillahi ta'ala. Saya juga berpesan kepada seluruh mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang teladan dan tidak telatan, harus mampu menjadi mahasiswa yang berprestasi dan lulus tepat waktu," ucapnya saat membuka acara.

Ketua Pelaksana PBAK UIN Malang 2023, Dr. H. Barnoto, M. Pd. I., menyampaikan dalam laporannya bahwa pada tahun 2023 ini, selain mahasiswa reguler, UIN Malang juga menerima mahasiswa asing. Dari 268 pendaftar mahasiswa asing, UIN Malang menerima 25 mahasiswa yang berasal dari berbagai negara seperti Srilanka, Afghanistan, Kamboja, Libya, Yaman, Lebanon, Aljazair, dan Sudan. Tak hanya itu, terdapat 48 mahasiswa asing mutasi dari Sudan, dan satu mahasiswa non muslim yang diterima di Fakultas Psikologi.

"Inilah salah satu komitmen kampus berlogo Ulul Albab dalam upaya untuk mendukung penguatan moderasi beragama dan mewujudkan visinya Unggul Bereputasi Internasional," terangnya.

Kegiatan PBAK yang mengambil tema Reformasi Maliki Muda Menuju Generasi Unggul dan Berdaya Saing Internasional ini merupakan salah satu bagian dari acara akademik, yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN Malang. Ketua senat Universitas, Prof. Dr. H. Muhtadi Ridwan mengucapkan selamat datang kepada para Maba di kampus UIN Maliki Malang.
Dan yang paling berkesan ditujukan kepada Maba asal Flores karena secara simbolis langsung dinobatkan atau dianugerahi sebagai Duta Moderasi Beragama Kampus UIN Maliki Malang.

"Selamat datang kepada para Maba semuanya dan khusus untuk saudara Kita, yakni ananda Theresia Labria Nagawea dari Flores, dengan ini Saya nobatkan sebagai Duta Moderasi Beragama di kampus tercinta ini!", ucap Ketua Senat.

Semarak PBAK tahun 2023 ini makin terasa meriah dengan ditampilkannya flash Mob dari para maba dengan berbagai formasi yang membentuk tulisan maupun gambar edukatif, inspiratif dan inovatif. (adv)

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow