UKM Kewirausahaan “Golden Preneur” Unisma Malang Melakukan Company Visit ke PT. Madu Kembang Joyo Sriwijaya
UKM Kewirausahaan “Golden Preneur” berkolaborasi dengan Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (P2KIB) Unisma Malang
TIMESINDONESIA, MALANG – UKM Kewirausahaan “Golden Preneur” berkolaborasi dengan Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (P2KIB) Unisma Malang melancarkan aksinya dengan menggagas program Company Visit ke salah satu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Malang. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut SBD (Student Business Development) di lapangan dengan mengusung tema “Level Up Your Skill Level Up Your Business”.
12 orang mahasiswa yang merupakan anggota UKM Kewirausahaan “Golden Preneur” dan juga mahasiswa Unisma yang berhasil memperoleh hibah pendanaan P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) tahun 2023 dipilih untuk mengikuti kegiatan ini dengan tujuan untuk memberi wawasan edukasi dan strategi pengembangan kewirausahaan di lapangan dengan sekala menengah ke atas.
PT. Madu Kembang Joyo Sriwijaya yang terletak di Karang Ploso, Malang menjadi tujuan Company Visit kali ini. Perusahaan ini memproduksi hasil peternakan lebah madu yang tidak hanya terfokus dipenjualan saja melainkan juga menekankan dibidang edukasi.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Saat berkunjung ke PT. Madu Kembang Joyo Sriwijaya ada beberapa rangkaian wajib yang disuguhkan. Pertama, mengupas tuntas terkait peternakan lebah madu. Lebah dinilai sangat menguntungkan karena tidak hanya menghasilkan madu saja, selain itu perawatan lebah dinilai tidak begitu rumit.
Dalam satu koloni lebah memiliki tiga strata, yaitu lebah ratu yang jumlahnya hanya satu ekor di masing-masing koloni, lebah jantan, dan lebah pekerja yang memiliki proporsi jumlah terbanyak dalam satu koloni. Tantangan yang dihadapi dalam berwirausaha hasil peternakan lebah yaitu musim yang tidak menentu, hal ini berdampak pada kualitas madu yang dihasilkan.
Kedua, rangkaian berlanjut menuju cooking class, pada rangkaian ini dilakukan peragaan dalam pengolahan madu hasil peternakan lebah. Terakhir, rangkaian yang tak kalah penting yaitu sesi identifikasi macam-macam madu yang ada di PT. Madu Kembang Joyo Sriwijaya. Tak lupa pula pada bagian ini dibahas terkait strategi marketing yang diimplementasikan oleh PT. Madu Kembang Joyo.
Lebih dari 15 macam tester madu dengan keunikan-keunikannya dapat dicoba. Ddengan mencoba berbagai macam madu ini dapat kita ketahui bahwa madu tidak semuanya memiliki rasa manis seperti yang kita ketahui pada umumnya.
Madu pahit merupakan salah satu jenis madu yang ada di store PT. Madu Kembang Joyo Sriwijaya. Tetapi, hampir keseluruhan madu memiliki manfaat yang sama yaitu untuk menjaga kekebalan tubuh (imunitas). Namun, pada session ini madu super adalah madu terfavorit pilihan mahasiswa peserta Company Visit kali ini. Madu super memiliki rasa manis yang tidak over dengan sedikit tekstur yang memanjakan lidah.
Selain dijual di store ini, madu produksi PT. Kembang Joyo Sriwijaya juga dijual di beberapa super market dan mall yang ada di Malang. Salah satu strategi marketing yang digencarkan yaitu dengan mengikuti event-event dan edukasi sosial seperti kegiatan ini. (*)
INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id
Apa Reaksi Anda?