SIRENO: Solusi Revolusioner untuk Optimalisasi Kinerja Lembaga Karya Kantor Teknologi Informasi STIKI Malang

Inovasi menarik di dunia pendidikan tinggi kembali muncul, kali ini dari Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang.

Januari 15, 2024 - 20:00
SIRENO: Solusi Revolusioner untuk Optimalisasi Kinerja Lembaga Karya Kantor Teknologi Informasi STIKI Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Inovasi menarik di dunia pendidikan tinggi kembali muncul, kali ini dari Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI Malang).

Kantor Teknologi Informasi (KTI) STIKI telah berhasil mengimplementasikan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Informasi Rencana Operasional (SIRENO) guna memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi di lingkungan kampus.

Pada TIMES Indonesia ia menjelaskan bahwa SPMI adalah sistem internal yang diterapkan untuk mewujudkan visi dan misi PT secara berkelanjutan. Sementara SIRENO, dikembangkan oleh KTI, adalah sistem informasi pengelolaan rencana operasional STIKI, membantu manajemen dalam mengukur hasil kinerja setiap unit kerja di kampus.

Kebutuhan akan efisiensi dan kecepatan dalam memantau kinerja tiap unit di STIKI menjadi latar belakang utama pengembangan SIRENO dan SPMI. Dengan adopsi teknologi, manajemen dapat dengan cepat memperoleh gambaran kinerja yang akurat dan terkini dari setiap unit di kampus.

SIRENO dan SPMI sendiri dikembangkan sebagai aplikasi berbasis web yang terintegrasi langsung dengan arsitektur Sistem Informasi STIKI Terpadu. Proses pengembangan ini telah berlangsung selama satu tahun, fokus pada struktur rencana strategis STIKI, komitmen kinerja operasional, dan pelaporan hasil kinerja operasional unit kerja.

Manfaat dari implementasi ini sangat signifikan bagi lembaga STIKI. Proses pelaporan kinerja operasional menjadi lebih terpusat dan efisien, membantu Unit Penjamin Mutu Internal (PJM) dalam asesmen dan rekapitulasi perhitungan hasil kinerja. Manajemen STIKI juga mendapatkan laporan yang lebih akurat dan terkini dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Dalam pengembangannya, aplikasi SIRENO melibatkan kolaborasi antara tim Sistem Informasi (Sisfo) KTI, unit PJM, dan seluruh PUK unit kerja di STIKI Malang. Proses pengembangan sendiri mengadopsi model System Development Life Cycle (SDLC), dimulai dari analisis software requirement, pemodelan struktur data dan aplikasi, hingga uji coba dengan pengguna terkait.

Melihat ke depan, harapan utama dari implementasi SIRENO dan SPMI adalah agar dapat membantu seluruh unit kerja, khususnya manajemen PT, unit PJM, dan pimpinan unit kerja untuk mengelola kinerja operasional dengan lebih akurat dan efisien. Dengan inovasi ini, STIKI Malang berusaha mewujudkan visi unggul dalam mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

STIKI memiliki komitmen tinggi untuk memfasilitasi berbagai aktivitas kemahasiswaan yang mampu menunjang prestasi akademis maupun non akademis. Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang ICT, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan. STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. Informasi kegiatan di STIKI Malang, silahkan mengunjungi website www.stiki.ac.id (*)

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow