Perumda Tirta Kanjuruhan Tandatangani Perjanjian Kerjasama untuk Optimalisasi Layanan Air Minum
Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan kembali mengukuhkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas layanan air minum. Direktur Utama Perumda Tirta Ka ...
TIMESINDONESIA, MALANG – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan kembali mengukuhkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas layanan air minum. Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, bersama dengan Loesy Triani dari Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Perum Perhutani terkait penggunaan kawasan hutan untuk penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di 11 lokasi.
Perjanjian tersebut mencakup area dari berbagai Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH), termasuk BKPH Pujon, BKPH Ngantang, BKPH Singosari, BKPH Tumpang, BKPH Dampit, dan BKPH Sumbermanjing Wetan.
"Langkah ini dilakukan dalam upaya memastikan legalitas pemanfaatan sumber daya air dan mendukung pemanfaatan potensi air baku yang belum dioptimalkan sepenuhnya," kata Samsul, Selasa (2/4/2024).
Dalam sambutannya, kedua belah pihak menyepakati untuk terus mengembangkan kerjasama, baik terkait legalitas maupun dukungan pemanfaatan potensi air baku. Loesy Triani juga menekankan bahwa perjanjian ini akan menjadi contoh dalam mengevaluasi perjanjian kerjasama dengan BUMD Air Minum lainnya, mengikuti ketentuan yang baru.
Selain itu, Perumda Tirta Kanjuruhan juga menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) untuk mempercepat realisasi Transaksi Non Tunai 100% bagi pelanggan dan pengembangan operasional. Branch Manager PT BTN Malang, Turmono, mengapresiasi atas kerjasama ini dan menegaskan kesiapan BTN untuk mendampingi Perumda Tirta Kanjuruhan dalam mewujudkan program tersebut.
Menanggapi hal tersebut, Syamsul Hadi, mengungkapkan bahwa saat ini pembayaran pelanggan melalui sistem non tunai baru mencapai sekitar 55 persen. Dia menyadari bahwa mencapai target 100 persen bukanlah hal yang mudah, dan menegaskan perlunya kerja sama dengan pihak perbankan untuk memberikan edukasi kepada pelanggan tentang manfaat dan efisiensi pembayaran non tunai.
"Budaya pembayaran non tunai dapat terbangun dengan cepat melalui kerjasama dengan PT BTN, Perumda Tirta Kanjuruhan menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan layanan air minum bagi masyarakat," tandasnya. (d)
Apa Reaksi Anda?