2.023 Pelajar se Pakisaji di Kabupaten Malang Menari Bapang Peringati Hardiknas

Beragam cara kreatif dilakukan dalam rangka memperingati Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional. Salah satunya dilakukan 2.023 pelajar Pakisaji di Kabupaten Malang kompa ...

Mei 18, 2023 - 02:50
2.023 Pelajar se Pakisaji di Kabupaten Malang Menari Bapang Peringati Hardiknas

TIMESINDONESIA, MALANG – Beragam cara kreatif dilakukan dalam rangka memperingati Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional. Salah satunya dilakukan 2.023 pelajar Pakisaji di Kabupaten Malang kompak menari Bapang.

Tarian Bapang ditampilkan di Lapangan Pakisaji, Rabu, (17/5/2023). Sebelum menari Bapang, mereka terlebih dahulu melakukan pawai maupun kirap yang mengambil start dari Desa Karangduren, Pakisaji, Kabupaten Malang.

Para pelajar yang menari Bapang ini berasal dari berbagai tingkatan. Mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Pertunjukan tari Bapang masal ini disaksikan orang tua mereka masing-masing.

memperingati-Hardiknas-b.jpgRibuan Pelajar se Pakisaji ketika berangkat pawai dan kirab menari Bapang memperingati Hardiknas. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Suwadji dan Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Purwoto yang menyaksikan secara langsung tarian itu.

Kepala Donas Pendidikan Kabupaten Malang Suwadji mengatakan, Tari Bapang merupakan tari khas Kabupaten Malang. "Tari ini pernah dibawakan ketika pementasan di Pantai Malang Selatan dengan 10 ribu peserta," ujar Suwadji

Lebih lanjut dia mengatakan, penampilan tari Bapang dari para pelajar ini patut diapresiasi. Karena mereka dengan kompak dan antusias menari tradisional tersebut.

memperingati-Hardiknas-c.jpgPenampilan Sendratari kolosal Tari Topengmemperingati Hardiknas. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

"Kecintaan terhadap kesenian tradisional patut ditanamkan sejak dini. Agar keberadaan kesenian maupun kebudayaan tradisional ini dapat terjaga dengan sebaik mungkin," ucapnya.

Maka dari itu, pihaknya selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait termasuk Disparbud Kabupaten Malang dalam rangka memberikan pendidikan kesenian dan kebudayaan.

Selain menampilkan 2.023 pelajar Kecamatan Pakisaji di Kabupaten Malang menari Bapang, dalam kesempatan itu juga ditampilkan tari topeng kolosal di atas panggung yang juga dalam rangka memperingati Hardiknas. (*)

Apa Reaksi Anda?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow